Jumat, 03 Januari 2014

Sedekah



sedekah
Beberapa tahun terakhir ini di Indonesia sedang ramai-ramai berlomba bersedekah setelah kemunculan ustad Yusuf mansur yang mana hampir disetiap ceramahnya diisi dengan tema tentang sedekah.Kok bisa ya orang begitu yakin dengan sedekah.Memangnya sedekah itu bagus ya.Apa sih manfaatnya dan kehebatan sedekah sehingga banyak orang yang berlomba-lomba bersedekah?mengapa sedekah itu penting?Trus sedekah yang paling bagus itu gimana?

Sedekah secara bahasa adalah memberi atau membagikan sedikit atau banyak harta yang ada pada diri kita kepada orang yang berhak menerima sedekah.Lalu siapa saja yang paling berhak menerima sedekah kita?Orang yang paling berhak atas sedekah kita adalah orang yang paling dekat .

Nah siapa saja mereka yang bisa menerima sedekah kita

1. Kerabat (yang fakir).
2. Anak yatim (yang fakir).
3. Orang-orang miskin.
4. Musafir.
5. Peminta-minta.
6. (Biaya) untuk memerdekakan hamba sahaya.

7.Mualaf
8.Orang yang Banyak hutang
9.Orang keluar dijalan Allah

 Manfaat dari sedekah itu sendiri 

Sedekah adalah sesuatu yang baik dan semua yang baik pasti mendatangkan manfaat.
Manfaat itu apa saja.

1 .Orang Yang bersedekah

   Orang pertama yang mendapat manfaat sedekah adalah orang yang bersedekah itu      sendiri karena saat hendak bersedekah dia berniat baik untuk bersedekah saja udah      dicatat 1 kebaikan dan saat bersedekah sedekahnya dicatat 10 kebaikan bila dia            menyekahkan 1 kebaikan jadi total kebaikan dari 1 kebaikan yang kita keluarkan          adalah 11 kebaikan.

2 .Penerima sedekah

   Tentu saja orang kedua adalah sang penerima sedekah.Orang yang berhak                    menerima sedekah datas akan menggunakan sedekah yang kita kularkan untuk            kebutuhan mereka yang belum tercukupi. 

3 .Memperkuat silaturahim

   Dengan bersedekah secara langsung maka antara pemberi dan penerima akan terjalin    silaturahmi yang lebih kuat baik kepada kerabat atau kepada orang lain.

4 .Menigkatkan perekonomian masyarakat

   Dengan sedekah apa bisa meningkatkan perekonomian masyarakat?Jawabanya            adalah ya bisa.Dengan sedekah yang kita keluarkan maka orang yang menerima bisa    saja memanfaatkan untuk berjualan atau berwira usaha lainya.


Fadilah sedekah


Ada banyak sekali fadilah sedekah  yaitu

1 .Dengan sedekah dapat pahala minim 10x lipat.
2 .Dengan sedekah bisa menjawab semua masalah kehidupan kita seperti masalah                                            keluarga,kesehatan,ekonomi,cinta dan berbagai urusan lainya.
3 .Zakat dan sedekah bisa membersihkan harta.
4 .Menolak balak
5 .Mendatangkan keberkahan
6 .Salah satu pintu keridhoan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar